Cika Indonesia
Client Sign In
Pertamina Pesan 8 Unit Kapal Produksi Perusahaan Nasional
Friday, 22 Jan 2016 - 17:20:42
foto: energytoday.com

CIKANEWS/energi - PT Pertamina (Persero) memesan delapan unit kapal general purpose (GP) dengan bobot mati 17.500 deadweight tonnage (DWT) kepada tiga galangan kapal nasional. Tiga perusahaan nasional tersebut adalah PT Anggrek Hitam Shipyard, PT Daya Radar Utama, dan PT Multi Ocean Shipyard.
 
Delapan kapal tersebut senilai US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,7 triliun (estimasi kurs: 13.900 per dolar AS) dan akan didatangkan secara bertahap mulai tahun ini hingga tahun 2017.
 
Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro mengatakan, pasar penyedia kapal di Indonesia sangat terbatas. Namun Pertamina tetap mencoba memesan dari galangan nasional. Langkah tersebut merupakan wujud nyata peran aktif Pertamina dalam memajukan industri maritim.
 
“Ini untuk memberikan kesempatan galangan dalam negeri dan potensi lokal daerah untuk memiliki pengalaman membangun kapal tanker dengan ukuran terbesar di kelas galangan kapal yang ada di Indonesia,” ujar Wianda.
 
Wianda menguraikan, perusahaan galangan kapal PT Anggrek Hitam Shipyard di Batam, Kepulauan Riau membangun dua kapal, yaitu MT Parigi danMT Pattimura. PT Daya Radar Utama di Lamongan, Jawa Timur membangun kapal untuk minyak mentah, yaitu MT Panderman, MT Papandayan, dan MT Putri. Sedangkan PT Multi Ocean Shipyard di Karimun, Kepulauan Riau membangun kapal produk MT Pasaman, kapal untuk avtur MT Panjang, dan kapal untuk mengangkut minyak mentah MT Pangrango.
 
Menurut Wianda, penambahan kapal ini merupakan implementasi dari Shipping Excellence yang merupakan bagian dari program Marketing and Operation Excellence. Hal ini juga sejalan dengan lima pilar prioritas strategis Pertamina untuk memperkuat infrastruktur yang dapat mendukung daya saing perusahaan.
 
Saat ini Pertamina memiliki 65 unit kapal milik berbagai ukuran untuk mengangkut minyak mentah dan produk guna memenuhi kebutuhan energi nasional.

(YAS)
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.