Cika Indonesia
Client Sign In
Jasa Marga Terapkan Tol Jakarta-Cikampek Sekali Bayar
Tuesday, 26 Jan 2016 - 16:29:05
foto: tempo.com

CIKANEWS/transportasi - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berencana menghapuskan gerbang-gerbang pembayaran antar tol di sepanjang ruas jalan Tol Trans Jawa. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menargetkan sistem pembayaran dua jalan tol yakni Jakarta-Cikampek dan Cikampek-Palimanan harus sudah digabungkan, sebelum musim mudik lebaran tahun 2016.
 
"Ini adalah upaya untuk mengurangi antrean kendaraan di pintu tol. Jadi ke depan kami berharap tidak ada lagi antrean kendaraan mengular, macet parah begitu seperti waktu musim liburan Natal dan Tahun Baru kemarin," ujar Basuki kepada detikFinance, Senin (25/1/2016).
 
PT Jasa Marg‎a Tbk selaku pemilik ruas jalan tol Jakarta-Cikampek, mengaku tengah melakukan pembicaraan dengan PT Lintas Marga Sedaya (LMS), selaku Badan Usaha Jalan Tol (BPJT) alias pengelola ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan.
 
"Kami (Jasa Marga dan LMS) saat ini tengah merumuskan pola pembayaran terbaik begitu nanti pembayarannya sudah jadi satu‎. Pembayarannya seperti apa, teknisnya seperti apa?" ujar Komisaris Jasa Marga, Taufik Widjojono, kepada detikFinance, Senin (25/1/2016).
 
Hasil kajian ini sangat diperlukan untuk menetapkan titik keluar mana yang memerlukan penyesuaian, baik berupa penambahan loket pembayaran atau penyesuaian lainnya.
 
Dengan penggabungan ini, maka masyarakat pengguna hanya perlu melakukan pembayaran satu kali saja tiap kali melintas dari mulai masuk gerbang tol Cikarang Utama, yang merupakan pintu awal ruas jalan tol Jakarta-Cikampek hingga ke gerbang tol Palimanan, yang merupakan pintu terakhir ruas jalan tol Cikopo-Palimanan.
 
"Kendaraan dari mana-mana itu kan antre di pintu tol yang Jakarta-Cikampek. Itu yang mau kita hilangkan. Paling nggak sampai Palimanan, mungkin selanjutnya sampai Pejagan cukup sekali bayar. Jadi nggak bolak-balik (berkali-kali) berhenti cuma buat bayar tol," pungkas dia.

(KML - Sumber: Detik.com)
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.