Cika Indonesia
Client Sign In
Rini: Kereta Cepat Tidak Minta Jaminan Utang APBN
Tuesday, 02 Feb 2016 - 11:20:53
foto: istimewa

CIKANEWS/transportasi - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M Soemarno menegaskan, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sama sekali tidak meminta jaminan utang dari APBN.
 
"Kereta cepat Jakarta-Bandung tidak ada jaminan dari pemerintah untuk utangnya kepada KCIC (Kereta Cepat Indonesia China). KCIC kan perusahaan swasta BUMN, atau swasta hasil joint venture, jadi tidak ada jaminan pemerintah. Tidak ada anggaran dari APBN," ujar Rini.
 
Menurut Rini dalam pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung semuanya dilakukan secara terbuka serta dikalkulasikan secara 'b to b' (business to business).
 
"Kalaupun kreditornya dalam hal ini bank meminta sesuatu jaminan, itu soal jaminan dari aspek hukum bukan jaminan utang," ujar Rini.
 
BUMN sebagai pemegang saham dalam perusahaan patungan pengembang kereta cepat, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCI) juga sangat patuh terhadap regulasi yang ada.
 
"Perpres-nya sudah jelas (nggak ada APBN) kalau saya melanggar, saya bisa kena pidana loh. BUMN-BUMN yang terlibat kena pidana loh. Tidak ada jaminan pemerintah sehubungan dengan pinjaman maupun anggaran pemerintah, tidak ada dalam APBN," tegasnya.
 
Rini mempersilakan pihak berwenang untuk mengaudit skema pendanaan dan bisnis proyek kereta cepat.
 
"Silakan saja diaudit kalau itu mau diaudit. Kami terbuka saja," kata Rini.

(YAS)

 
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.