Cika Indonesia
Client Sign In
PGN Bakal Bangun 60 SPBG Untuk Penuhi Kebutuhan Gas Bumi Indonesia
Thursday, 11 Feb 2016 - 15:36:59
foto: SPBG PGN Gasku di Surabaya/liputan6.com

CIKANEWS/energi - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) berencana akan membangun 60 unit Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) hingga 2019. SPBG tersebut untuk memasok kebutuhan gas bumi di Indonesia.
 
"Mulai 2016-2019, kami merencanakan pembangunan SPBG sebanyak 60 unit," kata Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso, di Jakarta, Rabu (10/2).
 
Hendi merinci, 60 unit SPBG yang akan dibangun PGN hingga 2019 tersebut antara lain berlokasi di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Batam, Lampung, Riau, dan Sumatera Utara.
 
Saat ini PGN telah mengoperasikan 5 unit SPBG dan menyalurkan gas bumi ke 14 SPBG mitra. Gas bumi PGN sudah digunakan sebagai bahan bakar untuk bus, bajaj, taksi, hingga kendaraan pribadi. Tak hanya itu, PGN juga menyalurkan gas bumi untuk sektor transportasi dengan menggunakan Mobile Refueling Unit (MRU) di beberapa lokasi seperti di IRTI Monas, Waduk Pluit, Grogol, dan Gresik.
 
Untuk meningkatkan penyaluran gas bumi ke masyarakat, PGN mengharapkan dukungan alokasi dan pasokan gas bumi dari pemerintah.
 
“Selain itu, juga dukungan berupa kemudahan perizinan dalam membangun infrastruktur gas bumi di Tanah Air,” ungkap Hendi.
 
Sementara itu, PGN melalui anak usahanya, yaitu PT Gagas Energi Indonesia (PGN Gagas), bekerja sama dengan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) melaksanakan uji coba pengoperasian SPBG di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Rabu (10/2) kemarin.
 
SPBG ini nantinya akan memasok BBG ke 88 unit bus transJakarta koridor Ancol-Kampung Melayu. 

(ARL)
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.