Cika Indonesia
Client Sign In
AIPPI: 40 Persen Komponen KA Cepat Bisa Diproduksi di Dalam Negeri
Thursday, 11 Feb 2016 - 17:10:07
foto: liputan6.com 

CIKANEWS/transportasi - Ketua Umum Asosiasi Industri Penunjang Perkeretaapian Indonesia (AIPPI), Tony Budi Santoso‎ mengatakan, kereta cepat merupakan hal yang baru bagi industri komponen kereta di dalam negeri. Namun Ia yakin  komponen-komponen tertentu bisa diproduksi di dalam negeri.
 
Industri di dalam negeri diharapkan mampu berkontribusi dalam proyek tersebut. Karenanya AIPPI meminta pemerintah  melibatkan industri komponen kereta lokal dalam proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Jika dikerjakan dengan optimal, maka 40% komponen kereta api cepat bisa dipenuhi dari produk dalam negeri.
 
"Memang kalau kereta cepat ini sudah teknologi tinggi, tapi mungkin sekitar 40 persen bisa diproduksi di dalam negeri. Terutama dalam hal sarana dan prasarana," kata Tony.
 
Ia mengatakan, Jika belum bisa dilibatkan saat ini, setidaknya dalam 2-3 tahun ke depan. Dengan demikian, secara otomatis akan ada transfer teknologi sehingga ke depannya Indonesia bisa membuat kereta cepat sendiri.
 
‎"Perusahaan-perusahaan karya di Indonesia dari segi sarana bisa bangun jalur‎nya. Makanya kita harap sarana dan prasarana konstruksinya jangan sampai yang mengerjakan China juga. Kalau komponennya mungkin bisa dalam 2-3 tahun ke depan," katanya.
 
Asosiasi Industri Penunjang Perkeretaapian Indonesia (AIPPI) adalah wadah komunikasi dan partnership yang dibentuk oleh Pemerintah dan seluruh pemangku industri kereta api di Indonesia.
 
Asosiasi ini dibentuk sebagai langkah konkrit untuk mendukung pertumbuhan, dan pengembangan industri perkeretaapian nasional. Industri kereta api dan komponen kereta api sebenarnya sudah tumbuh di Indonesia namun masih terpisah-pisah dan belum memiliki wadah asosiasi. 

(YAS)
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.