Cika Indonesia
Client Sign In
Kemenhub Satukan Bandara Pondok Cabe dan Halim Perdanakusuma
Monday, 15 Feb 2016 - 16:43:12
foto: istimewa

CIKANEWS/transportasi - Untuk mempermudah pengaturan lalulintas udara, pengoperasian Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, akan disatukan dengan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.
 
Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo usai Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan lampu hijau bagi Bandara Pondok Cabe untuk melayani penerbangan komersial berjadwal.
 
"Ada solusi dua bandara digabungkan, jadi seakan-akan 'runway'-nya (landasan pacunya) adalah Halim," katanya.
 
Kedua bandara ini berada di lokasi yang relatif berdekatan dan transportasi udara sangat bergantung pada keandalan sistem navigasi bukan sekedar pada landasan pacu dan terminal bandaranya saja.
 
Jika pengelolaannya dipisahkan dikhawatirkan akan sulit mengatur lalulintas udara dan malah mengakibatkan penerbangan menjadi tidak aman.
 
"Memang kalau berdiri sendiri-sendiri kan kontrolnya susah. Pasti dahulukan Halim dahulu. Nah, tapi kalau yang kontrol satu, penerbangannya bisa gantian," kata Suprasetyo.
 
Lebih lanjut Ia mengatakan, operator untuk Bandara Pondok Cabe sama dengan Bandara Halim Perdanakusuma, yakni PT Angkasa Pura II.
 
"AP II yang kontrol, dua bandara dijadikan satu sebagai pengelola bandara," tuturnya.
 
Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura II, Agus Haryadi mengatakan, PT Angkasa Pura II siap jika memang nantinya pengelolaan  Bandara Pondok Cabe diserahkan ke mereka.
 
"Kalau ditanya siap atau tidak, jelas kami harus siap, walaupun ini baru sebatas omongan saja, " kata Agus.

(YAS)

 
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.