Cika Indonesia
Client Sign In
Pertamina Hulu Energi (PHE) Kembangkan Blok Nunukan
Wednesday, 17 Feb 2016 - 10:31:00
foto: ilustrasi

CIKANEWS/energi - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) akan mengembangkan dua lapangan sekaligus di Blok Nunukan, Kalimantan Utara, yakni Lapangan Badik dan West Badik. Jika pengembangan (plan of development/POD) telah disetujui, pihaknya akan langsung memulai pengembangan Blok Nunukan.
 
Direktur Utama PHE Gunung Sardjono Hadi menuturkan, pihaknya memang belum mendapat persetujuan POD dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Namun, pihaknya optimistis bisa memperolehnya pada Februari ini. Apalagi, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara sangat mendukung pengembangan Blok Nunukan ini segera dieksekusi.
 
"Hasil kunjungan ke Provinsi Kalimantan Utara sangat positif sekali. Pemprov Kaltara sangat mendukung proyek ini bisa segera dieksekusi," ujarnya
 
Perusahaan akan membor depalan sumur dan membangun tiga anjungan lepas pantai. Selain itu, anak usaha PT Pertamina (Persero) itu juga akan membangun pipa bawah laut dan pembangunan fasilitas penerima darat di Pulau Bunyu.
 
Blok ini ditargetkan memproduksi minyak 1.800 barel per hari (bph) dan gas 60 juta kaki kubik per hari (million standard cubic feet per day/mmscfd).
 
General Manager PHE Nunukan Company Alfian Husein menuturkan, gas Badik dan West Badik diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan lokal. Sedangkan minyak akan dikelola oleh Pertamina.
 
"Rencananya, produksi gas Badik dan West Badik diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan lokal. Sedangkan untuk minyaknya, akan dikelola Pertamina untuk dikapalkan bersama minyak Pertamina EP Bunyu dan Pertamina EP Sembakung untuk diolah di Balikpapan," tutur Alfian.

(YAS)

 
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.