Cika Indonesia
Client Sign In
Menteri BUMN: Kerjasama Kereta Cepat lebih menguntungkan Indonesia
Tuesday, 23 Feb 2016 - 15:03:42
foto: menteri BUMN Rini Soemarno/istimewa

CIKANEWS/transportasi - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soermarno, mengatakan, kerja sama dengan China untuk membangun kereta cepat Jakarta-Bandung akan lebih banyak menguntungkan Indonesia.
 
Hal tersebut di sampaikan Menteri Rini dalam acara Sosialisasi dan Diskusi Publik tentang Kereta Cepat Jakarta-Bandung, di Bandung, Jumat (19/2/2016).
 
Rini mengatakan, sekitar 60 persen proses pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, pengerjaannya di Indonesia dan sisanya di China. Pihak China juga berjanji akan melakukan transfer teknologi dengan Indonesia.
 
"Jadi jangan khawatir, 60 persen nanti pengerjaan dan komponen berasal dari Indonesia, dengan adanya transfer teknologi kami harap ke depan bisa bangun sendiri kereta cepat," kata Rini.
 
Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung juga akan menyerap sekitar 39 ribu tenaga kerja baru di Provinsi Jawa Barat. "Dan semua tenaga kerja dalam pembangunan Kereta Cepat ini dari Indonesia. Hanya beberapa tenaga kerja asing, itu pun untuk tenaga ahli karena kita belum pernah membangun kereta cepat," katanya.
 
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC)‎ terus melakukan sosialisasi arti penting pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.
 
"Karena saat ini banyak yang bertanya tentang ini dan banyak kontroversial padahal kereta cepat Jakarta-Bandung ini dibangun untuk manfaat bersama, terutama bagaimana kita bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya DKI Jakarta dan Jabar," tutur Rini.

(YAS)

 
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.