Cika Indonesia
Client Sign In
Sofyan Djalil: Kereta Cepat Kurangi Kemacetan
Tuesday, 23 Feb 2016 - 15:43:51
foto: Sofyan Djalil/istimewa

CIKANEWS/transportasi - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Sofyan Djalil mengatakan, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung begitu penting dan memberikan dampak sangat besar bagi Indonesia. Salah satunya yaitu untuk mengurangi kemacetan.
 
"‎Kereta cepat diperdebatkan di medsos, di mana-mana diperbincangkan. Padahal multiplier effect kereta cepat sangat besar," kata Sofyan.
 
Ia menjelaskan, jumlah kendaraan diperkirakan terus meningkat seiring pertumbuhan ekonomi dan pendapatan per kapita masyarakat Indonesia. Karenanya dibutuhkan transportasi publik yang memadai dan menjadi solusi.
 
"Pada 2030, rata-rata pertumbuhan ekonomi kita akan mencapai 7 persen. Sedangkan pendapatan per kapita mencapai US$ 15 ribu-US$ 20 ribu, sehingga bikin orang bisa punya mobil semua. Bayangkan kalau tidak ada transportasi publik, seperti kereta cepat," jelasnya.
 
Contoh kasus kemacetan parah salah satunya yaitu kemacetan di ruas jalan tol Jakarta-Bandung pada momen libur Natal 2015. Kegagalan mengantisipasi kepadatan jalan dikatakan dapat mengakibatkan kemacetan total.

(YAS)

 
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.