Cika Indonesia
Client Sign In
Pertamina Usulkan Harga BBM Turun Rp 200-400 Per Liter
Thursday, 31 Mar 2016 - 17:05:30
foto: pertaminaretail.com

CIKANEWS/energi - Menjelang penurunan harga bahan bakar minyak pada April nanti, PT Pertamina (Persero) mengatakan telah memberi usul besaran penurunan harga.
                                                 
Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, harga Premium untuk April nanti sebaiknya turun sekitar Rp 200 sampai Rp 400 per liter. Pertimbangannya adalah menjaga kestabilan harga BBM di masa mendatang.
 
"Sudah kami survei. Masyarakat turun segitu saja sudah senang," kata dia seusai acara sebuah diskusi tentang harga BBM di Jakarta, Selasa (29/3).
 
Menurut perhitungan Bambang, dengan penurunan sebesar itu, Pertamina masih akan mendapatkan keuntungan pada periode April dan Juni. Namun ia enggan merinci keuntungan yang didapat. "Profitnya, ada. Dibanding opportunity lost kemarin sudah nutup," ujarnya.
 
Langkah ini, menurut Bambang, juga bertujuan agar harga BBM tidak akan melonjak terlalu jauh pada periode tiga bulan mendatang, yaitu pada Juli.
 
Penurunan harga BBM tidak akan terlalu dalam karena pemerintah ingin melindungi masyarakat miskin. Jika harga BBM sekarang turun jauh, lalu suatu saat naik lagi, yang paling dirugikan adalah masyarakat kelas bawah. "Kan (harga BBM) nanti mau dibahas di Ratas, sore ini jam 3. Pertimbangannya kita ingin melindung masyarakat paling bawah," tutupnya.

(MAL)

 
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.