Cika Indonesia
Client Sign In
Efisiensi BBM, Pemprov DKI-Pertamina Kerjasama Gunakan RFID
Tuesday, 05 Apr 2016 - 10:15:46
foto: jakartakita.com

CIKANEWS/energi - PT Pertamina (Persero) tbk melalui anak usahanya PT Pertamina Retail menjalin kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta terkait penggunaan Radio Frequency Identification (RFID) pada kendaraan operasional kebersihan. Penggunaan RFID dinilai sangat efektif dalam upaya meningkatkan transparansi dan efisiensi penggunaan BBM oleh pelanggan B2B.
 
Seperti diketahui, penggunaan kartu RFID selama ini digunakan oleh perusahaan sebagai alat transaksi pembayaran bagi pelanggan korporasi yang membeli BBM di SPBU Pertamina COCO. Kartu tersebut sebagai alih fungsi transaksi digital dan sifatnya fleksibel, jadi setiap harinya bisa diberi batas penggunaan, berapa liter atau berapa rupiah.
 
Direktur Utama Pertamina Retail Yos Toharso mengatakan, kerja sama ini merupakan dukungan Pertamina Retail dalam upaya meningkatkan kemudahan dan efisiensi pembayaran atas penggunaan BBM untuk pelanggan B2B, termasuk di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.
 
Toharso menjelaskan, kartu ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara Pertamina dan Pemprov DKI Jakarta untuk pengembangan infrastruktur migas, ketenagalistrikan dan energi terbarukan di wilayah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.
 
“Sebanyak 2500 kartu RFID telah di distribusikan dan akan meningkat sedikitnya menjadi 6000 kartu RFID untuk kendaran operasi Pemprov DKI Jakarta.” Ujar Toharso di Jakarta, Senin (4/4/16)
 
Total dinas Pemprov DKI Jakarta yang sudah berlangganan BBM Pertamina saat ini sebanyak 370 SKPD&UKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan UKPD (Unit Kerja Perangkat Daerah)  dengan jumlah anggaran sekitar Rp396,8 miliar per tahun.
 
Tercatat, sedikitnya sudah ada 1500 perusahaan dan lembaga pemerintahan yang melakukan kerja sama dengan Pertamina Retail dalam penggunaan RFID card, baik itu pelanggan korporasi, Pemda maupun swasta. RFID card hanya dapat digunakan untuk kendaraan yang terdaftar dalam kartu tersebut. Sehingga tidak dapat dimanipulasi untuk penggunaan kendaraan lain. 

(ARL)
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.