Cika Indonesia
Client Sign In
Meluncur Jumat Pekan Ini, Dexlite Dipatok Harga Rp 6.750 per Liter
Wednesday, 13 Apr 2016 - 15:31:58
foto: detik.com

CIKANEWS/energi - PT Pertamina (Persero) meluncurkan bahan bakar diesel baru bernama DEXlite dengan harga perdana yang ditetapkan Rp6.750 per liter. BBM ini sudah siap dipasarkan di SPBU Pertamina mulai 15 April 2016. Dexlite merupakan bahan bakar pertengahan antara Pertamina Dex dan Solar bersubsidi bagi kendaraan bermesin diesel di Indonesia.
 
VP Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro memaparkan, untuk tahap awal, akan dilakukan market test di 33 SPBU wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang rencananya dimulai pada 15 April 2016. Untuk ke tahap I pada Mei di Jawa, tahap II Juni di Sumatera Utara dan Kalimantan, dan ketiga Agustus di Sumatera Selatan dan Sulawesi.
 
Pertamina menyiapkan 1.500 kilo liter DEXlite untuk 33 SPBU di Jabodetabek. Targetnya, sebanyak 100 ribu kilo liter dapat terjual hingga akhir tahun. Disasar untuk konsumen yang selama ini masih menggunakan solar 48. Kendaraan diesel dengan teknologi common rail sangat cocok.
 
“Apabila animo konsumen cukup besar, akan dilakukan roll out Dexlite di seluruh SPBU di Indonesia,” ujar Wianda di Jakarta, Selasa malam (12/4/16).
 
Sementara itu, di lain tempat Vice President Fuel Marketing And Distribution Pertamina Afandi menambahkan, Peluncuran DEXlite diharapkan bisa memberikan alternatif lain bagi konsumen, serta mampu membantu pemerintah mengurangi pemakaian subsidi BBM.
 
“Target pasar Dexlite diarahkan kepada pengguna Biosolar, kami berharap konsumen solar subsidi mau pindah ke Dexlite, begitu juga Dex,” ujar Afandi di Hermitage, Menteng, Selasa, (12/4/16).
 
Terkait spesifikasi produk, Afandi menjelaskan, kualitas Dexlite berada di bawah Dex dan di atas Biosolar berdasarkan Cetane Number dan kandungan Sulfur. Dex mengandung CN sebesar 53 dengan sulfur 300 part per million (PPM). Sementara CN Biosolar sebesar 48 dengan Sulfur 3.000 ppm.
 
Pertamina Dexlite memiliki angka cetane 51 dan sulfur maksimal 1.200 ppm. Bahan bakar diesel terbaru ini memiliki tambahan Zat Aditif, Fatty Acid Methyl Eter (FAME). Dengan spesifikasi tersebut, Afandi mengklaim Dexlite membantu performa, akselerasi, dan tenaga mesin. 

(ARL)
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.