Cika Indonesia
Client Sign In
Holding BUMN Energi, PGN Jadi Anak Usaha Pertamina
Wednesday, 13 Apr 2016 - 17:00:10
foto: wikidpr.org 

CIKANEWS/BUMN - Menteri BUMN Rini Soemarno memastikan holding BUMN energi akan dilaksanakan tahun ini. PT Pertamina (Persero) akan menjadi induk dari holding tersebut yang akan membawahi beberapa perusahaan BUMN energi seperti PT Perusahaan Gas Negara (Persero).
 
"‎Kemarin saya sudah bicara dengan Menkeu, yang sudah selesai adalah Pertamina kita akan ajukan PP-nya, dan semoga ada tiga lagi yang akan selesai yaitu jalan tol, tambang, dan keuangan," kata Rini.
 
Skema holdingisasi yang diterapkan adalah perusahaan induk harus 100 persen dimiliki negara. Saat ini, lanjutnya, kajian mengenai pembentukan holding tersebut telah rampung dan telah berada di Kementerian Keuangan.
 
Masuknya PGN menjadi anak usaha Pertamina dilakukan dengan transaksi inbreng (pemasukan harta pemegang saham dalam modal perseroan) atau dengan memasukkan harta yang bukan berupa uang tunai melainkan dalam bentuk aktiva‎ dari para pemegang saham dalam penyertaan modal perseroan.
 
"Jadi kita inbreng namanya.‎ Nanti kita juga harus melaporkan ini tentunya ke DPR. Tapi prosesnya sedang berjalan semua. Kemarin bicara ke Kemenkeu yang akan selesai Pertamina dan ada beberapa yang selesai lagi. Nantinya tentunya akan kita laporkan. Insya Allah kalau bisa kita sebelum hari raya. Tahun ini rencananya‎," ujar Rini.
 
Direktur Utama PT PGN (persero) Hendi Priyo Santoso belum mengomentari rencana holding BUMN yang akan menjadikan PGN menjadi anak usaha Pertamina ini. Ia mengaku akan menunggu instruksi lanjutan dari Kementerian BUMN.
 
"Saya tidak bisa komentar banyak. Belum dapat arahan dari Bu Menteri (Rini Soemarno)," kata Hendi.

(YAS)
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.