Cika Indonesia
Client Sign In
Keuangan Menguat, Pertamina Bisa Jadi Pemain Migas Global
Monday, 09 May 2016 - 12:31:55
foto: bumn.go.id

CIKANEWS/energi - Kondisi keuangan PT Pertamina (Persero) yang semakin prima, membuat perusahaan pelat merah ini berpotensi menjadi pemain minyak dan gas di kancah dunia. Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia (EWI), Ferdinand Hutahaean. Menurut dia, Pertamina saat ini perusahaan yang sangat sehat.
 
“Dari sisi manajemen dan SDM sangat mampu, tidak ada lagi BUMN lain yang lebih andal di sektor ini. Jadi mereka punya potensi untuk itu (pemain migas dunia),” terang Ferdinand dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (3/5/2016).
 
Menurut mantan anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Profesor Mukhtasor, banyak indikator yang memperlihatkan bahwa BUMN migas tersebut semakin membaik.
 
“Performa keuangan sangat sehat, utang jangka panjang semakin menurun, dan efisiensi meningkat,” ujarnya.
 
Sehatnya kondisi keuangan, menurut Mukhtasor, tak lepas dari insiatif Pertamina untuk melakukan berbagai penataan.
 
Yang tak kalah penting, Pertamina melakukan strategi sangat tepat ketika harga minyak dunia sedang turun, yang mana saat banyak perusahaan minyak dunia mendapat tekanan di sisi hulu, BUMN itu justru menyeimbangkan antara hulu dan hilir.
 
Dalam hal ini, efisiensi banyak dilakukan di hulu, sedangkan di hilir banyak melakukan inovasi market, antara lain dengan mengeluarkan berbagai produk seperti Pertalite dan Dexlite. Strategi menyeimbangkan hulu dan hilir, menurut dia, turut berkontribusi dalam memperkokoh bisnis Pertamina.
 
"karena inovasi market pula, Dexlite yang baru diluncurkan juga langsung mendapat respons pasar yang luar biasa, begitu juga Pertamax konsumsinya juga terus meningkat," tambahnya.


(MAL)
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.