Cika Indonesia
Client Sign In
Pertamina akan Jual Saham Anak Usaha Tahun Depan
Tuesday, 24 May 2016 - 15:32:06
foto: bumn.go.id

CIKANEWS/energi - PT Pertamina (Persero) menyatakan akan menggelar penawaran saham umum perdana atau initial public offering (IPO) salah satu anak perusahaannya tahun depan.
 
Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto mengungkapkan, dirinya belum bisa mengumumkan anak perusahaan yang akan dilepas ke publik tahun depan.
 
"Memang ada, pelaksanaan IPO untuk anak usaha sudah siap tahun depan, tapi kami masih tentukan siapa anak perusahaan yang akan di-IPO karena tujuannya adalah untuk menguatkan kinerja anak perusahaan itu," kata Dwi ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Senin (19/10/2015).
 
Dwi juga menyebut, Pertamina akan memilih diantara tiga anak perusahaan yang diharapkan bisa melantai di Bursa Efek meliputi: PT Tugu Pratama Indonesia, PT Pertamina Bina Medika, atau PT Patra Jasa.
 
Sementara anak perusahaan Pertamina di bidang penerbangan, PT Pelita Air Service urung dilakukan IPO-nya kendati awalnya dijadwalkan pada tahun ini.
 
"Kalau Pelita Air kami tidak lakukan IPO karena saat ini kondisi pasarnya sedang berat. Begitupun tahun depan, kalau pasarnya sedang buruk pun mungkin kita hanya akan lepas ke publik sedikit," kata Dwi.
 
Dwi menuturkan, Pertamina mulai mencari perusahaan penjamin (underwriter) untuk melaksanakan rencana IPO ketiga anak usahanya tersebut.

"Tapi memang pada dasarnya semua anak-anak perusahaan sudah siap. Tinggal nanti mana yang kita pilih," jelasnya.

(MAL)
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.