Cika Indonesia
Client Sign In
Bank Mandiri Raih Penghargaan Bank Umum Nasional Terbaik 2016
Wednesday, 08 Jun 2016 - 14:30:48
beritasatu.com

CIKANEWS/perbankan - Majalah Investor memberikan penghargaan kepada Bank Mandiri sebagai salah satu bank umum nasional terbaik 2016 setelah lolos seleksi pemeringkatan dan terbukti unggul di kelasnya. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua Umum Perbanas, Sigit Pramono kepada VP Capital Market Assurance PT Bank Mandiri Tbk, Retno Dyah Pujiastuti.
 
"Bank yang berhasil menjadi pemenang di kelompoknya terbukti unggul setelah lolos seleksi awal dan menjadi yang terbaik pada tahap pemeringkatan yang menggunakan 12 kriteria pemeringkatan yang dirumuskan Dewan Juri," ujar Primus Dorimulu, Pemimpin Redaksi Majalah Investor.
 
Dua belas kriteria pemeringkatan yang digunakan meliputi: CAR 2015 (capital adequacy ratio), NPL 2015 (non performing loan), ROA 2015 (return on asset), ROE 2015 (return on equity), NIM 2015 (net interest margin), BOPO 2015 (perbandingan beban operasional dengan pendapatan operasional), LDR 2015 (loan to deposit ratio), pertumbuhan pendapatan bunga bersih, pertumbuhan pendapatan operasional selain bunga, pertumbuhan laba operasional, pertumbuhan kredit, dan rasio cost to asset.
 
Retno yang mewakili Dirut Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pemberian penghargaan seperti ini layak digelar untuk memicu kinerja perbankan nasional dan untuk mengukur persepsi masyarakat akan layanan perbankan. Bisnis perbankan merupakan bisnis kepercayaan, sehingga bank perlu mengetahui persepsi yang tumbuh di masyarakat. Penghargaan ini sudah cukup fokus, mengingat setiap bank punya karakteristik serta kekuatan modal, dan kebutuhan yang berbeda-beda.
 
Selain Bank Mandiri, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) ditetapkan menjadi bank terbaik. Bank-bank saat ini didorong untuk semakin efisien. Dengan semakin efisien, persaingan semakin sempurna, sehingga bank akan menurunkan suku bunga. Otomatis bank-bank akan menurunkan pula NIM, ini mekanisme penurunan NIM yang wajar.
 
"Bank-bank yang efisien perlu diberikan insentif," ujar Sigit Pramono.

(YAS)
 
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.