Cika Indonesia
Client Sign In
Antam Eksplorasi Lahan di Bogor Untuk Tingkatkan Produksi
Friday, 24 Jun 2016 - 14:50:04
foto: smeaker.com

CIKANEWS/energi - PT Aneka Tambang (Antam) akan kembali melakukan eksplorasi lahan baru di kawasan Gunung Pongkor, Kabupaten Bogor. Eksplorasi ini dilakukan karena semakin menipisnya kandungan emas dilokasi saat ini.
 
“Sudah menipis. Satu ton sekarang Cuma 3 gram, dulu bisa 15 gram/ton,” kata Direktur Pengembangan Antam, Johan NB Nababan.
 
Johan mengatakan tempat kedua di Pongkor yang akan dikembangkan luasnya mencapai 5.000 hektar di hutan Pongkor. Karena cadangan menipis maka korporasi wajib mencari sumber atau akar lain. Kebetulan cadangan emas di wilayah Jawa Barat hanya di Pongkor.
 
Karena sudah mendapat dukungan dari Pemprov Jabar dan Pemkab Bogor, Johan mengatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan tes eksplorasi untuk mengetahui potensi yang ada.
 
“Kira-kira berapa besar potensi di sana? Tes ini untuk mengetahui kandungan emas per ton nya,” ucapnya.
 
Johan mengatakan, untuk mencari emas, PT Antam mencari dari akarnya. Saat ini, memang terjadi penurunan produksi emas. Dari hasil ekplorasi bebatuan sebanyak 1 ton, hanya diperoleh 3 gram. Padahal sebelumnya bisa mencapai 15 gram per ton.
 
Kondisi tersebut mempengaruhi jumlah emas yang diraih per tahun. Karena tidak memiliki sumber baru produksi Antam dalam setahun kini hanya bisa mencapai 2,5 ton per tahun merosot jika dibandingkan saat kandungan masih berlimpah, dalam setahun Antam bisa mendapat 8 ton— 10 ton.

(YAS)

 
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.