Cika Indonesia
Client Sign In
Pertamina Bakal Operasikan Dua Kilang Terbesar Indonesia
Friday, 15 Jul 2016 - 15:39:46
foto: koran-jakarta.com

CIKANEWS/energi - PT Pertamina (Persero) bakal menjadi komplek industri petrokimia terbesar di Indonesia. Hal itu menyusul Rencana pengintegrasian Kilang Trans Pacific Petroleum Indotama (TPPI) di Tuban, Jawa Timur dan Residual Fluid Catalytic Cracker (RFCC) Cilacap, Jawa Tengah Sejak Mei 2012.
 
Selain memasok kebutuhan industri dasar dan juga mengurangi ketergantungan terhadap impor bahan bakar minyak (BBM), pengoperasian dua kilang pengolahan tersebut juga akan mengurangi penggunaan devisa. “Secara keseluruhan tentunya dengan beroperasi kedua kilang tersebut negara diuntungkan," ujar Dirgo Purbo, Ahli Geoekonomi Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Selasa (12/7).
 
Direktur Eksekutif Refor-Miner Institute Komaidi Notonegoro mengatakan, keberhasilan Pertamina mencatatkan surplus produksi solar harus diapresiasi. Sebab, kebutuhan jenis bahan bakar ini diperkirakan tetap ada selama sektor industri dan transportasi yang menjadi konsumen utamanya berkembang.

”Berkembangnya infrastruktur gas, baik untuk industri dan transportasi, memang berpotensi membuat permintaan solar turun. Namun, saya kira perkembangan infrastruktur tersebut bertahap. Daerah-daerah yang belum terjangkau jaringan gas akan tetap menggunakan solar, mengingat distribusinya lebih fleksibel dibandingkan gas,” ujar Komaidi di Jakarta kemarin.

Ferdinand Hutahean, Direktur Eksekutif Energi Watch Indonesia, mengatakan Pengoperasian RFCC Cilacap dan TPPI akan mengurangi impor BBM nasional cukup signifikan. Dengan mengurangi angka impor nasional akan berpengaruh terhadap neraca perdagangan dan berpengaruh terhadap penggunaan valuta asing yang selama ini digunakan untuk impor BBM.
 
“Selain pengurangan angka impor, pengoperasian RFCC Cilacap dan TPPI juga akan meningkatnya daya tahan energi nasional serta pertumbuhan industri dasar di Indonesia,” katanya. 
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.