Cika Indonesia
Client Sign In
Percepat Tol Trans-Sumatera, Hutama Karya Kucurkan Dana 1,8 T
Monday, 18 Jul 2016 - 16:17:25
foto: bisnis.com

CIKANEWS/infrastruktur - PT Hutama Karya akan mengucurkan dana Rp1,8 triliun dalam rangka percepatan pembangunan jalan tol Trans-Sumatra.
 
Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya Sigit Ruanto mengatakan, Dana tersebut akan digunakan untuk talangan (bridging) pengadaan tanah untuk ruas Medan—Binjai, Palembang—Simpang Indralaya, Bakauheni—Terbanggi Besar, serta ruas Pekanbaru—Dumai.
 
Sigit menjelaskan bahwa fasilitas pembiayaan diperoleh dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) berupa dana talangan dengan sifat tidak bergulir (non-revolving). Pencairan dana talangan itu akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan pendataan yang telah dilakukan perseroan.
 
“Ya, uang pinjaman itu tidak akan berputar, kalau uangnya Kementerian PU dari APBN sudah turun langsung dikembalikan tidak akan diputar dulu. Kalau soal amendemen PPJT (perjanjian pengusahaan jalan tol) juga sudah kami lakukan baru saja Jumat siang,” jelasnya.
 
Tantangan besar pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatra adalah pembebasan lahan. Ruas Medan—Binjai masih menyisakan satu seksi di jalan utama yang lahannya belum bebas tepatnya di daerah Desa Tanjung Mulia untuk seksi STA 0+700 sampai dengan 1+950.
 
Begitu juga dengan ruas Palembang—Indralaya yang masih menyisakan 192 bidang lahan yang belum bebas yang pembebasannya hingga kini terus dikebut. Hal yang sama juga berlaku di ruas lainnya, yakni Bakauheni—Terbanggi Besar serta ruas Pekanbaru—Dumai.
 
Direktur Utama Hutama Karya, I Gusti Ngurah Putra mengatakan, pihaknya tengah dalam proses mempersiapkan penerbitan obligasi senilai Rp6,5 triliun sebagai salah satu alternatif untuk mencukupi pendanaan bagi konstruksi tol Trans-Sumatra. “Dananya untuk tol Trans-Sumatra semua,” ucapnya.

(YAS)

 
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.