Cika Indonesia
Client Sign In
Wisata Migas Pertama di Indonesia, Pertamina Resmikan Petroleum Geoheritage Wonocolo
Monday, 25 Jul 2016 - 15:22:19
foto: antarafoto.com

CIKANEWS/energi - PT Pertamina telah meresmikan wisata migas pertama di Indonesia yang berlokasi di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, pada Senin (25/07/2016).
 
Tempat wisata yang diberi nama Petroleum Geoheritage Wonocolo,  ini dilatarbelakangi oleh sumur minyak tradisional yang terletak di wilayah Desa Wonocolo, Kabupaten Bojonegoro, sudah lebih dari 100 tahun beroperasi secara tradisional yang dikelola oleh masyarakat setempat.
 
"Kami melihat bahwa yang ada di Desa Wonocolo ini merupakan sesuatu yang unik. Di sini warga beraktivitas secara tradisional untuk memproduksikan minyak dari sumur-sumur tua sejak lebih dari 100 tahun," kata Cepu Field Manager, Agus Amperianto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.
 
Untuk menjaga keunikan local heritage di sini, kata dia, Pertamina bersama Pemda Bojonegoro dan dukungan dari seluruh stakeholder mencoba membuat sebuah desa wisata migas yang diberi nama Petroleum Geoheritage Wonocolo. Agus menjelaskan bahwa pendirian Petroleum Geoheritage Wonocolo ini didasari karena keunikan yang dimiliki oleh struktur geologi di Desa Wonocolo ini.
 
"Di sini masyarakat diajak melihat langsung penambangan tradisional yang eksotik, dengan keberadaan tiang penyangga kayu dan dioperasikan secara tradisional. Selain itu ada trek untuk jeep, motor trail, dan sepeda," ujar Agus.
 
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto yang berkesempatan mencoba langsung trek sepeda. Dia mengatakan bahwa Desa Wisata Migas di Wonocolo ini sangat menarik. "Dengan melintas menggunakan sepeda maupun jeep, selain membuat badan dan pikiran fresh (segar), kita bisa melihat dan membayangkan bagaimana sejarah operasi migas di Indonesia pada masa lampau".

(MAL)

 
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.