Cika Indonesia
Client Sign In
Proyek Kereta Cepat Layak dan Menguntungkan
Tuesday, 02 Feb 2016 - 10:26:16
foto: Menteri BUMN Rini Soemarno - Liputan6.com

CIKANEWS/transportasi - Studi kelayakan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung telah dilakukan oleh konsorsium BUMN Indonesia-Tiongkok. Hasilnya, proyek tersebut dinilai layak secara finansial.
 
"Mereka sudah melakukan studi," kata Menteri Badan Usaha Milik negara (BUMN), Rini Soemarno.
 
Proyek sepanjang 142 kilometer (km) ini membutuhkan dana sebesar US$ 5,5 miliar. 25 persennya dari pinjaman China Development Bank.
 
Proyek ini tidak mungkin mendapatkan pinjaman bila dinilai tidak layak secara finansial dan  tidak ada keuntungannya. Menteri Rini mengatakan proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung pasti memberikan untung jika terbangun.
 
"Harusnya ada untung. Coba bayangkan pinjaman yang diberikan China Development Bank USD5,6 miliar, mana mungkin bank memberikan pinjaman sebanyak itu kalau mereka enggak untung," ujar Rini di Gedung Nusantara V DPR RI, Jakarta, Jumat (29/1/2016).
 
Menurutnya, keinginan pihak China membangun proyek kereta cepat Jakarta-Bandung tanpa meminta bantuan pemerintah atau bisnis to bisnis (b to b) merupakan bukti, bahwa China sudah melihat ada keuntungan di situ.
 
(YAS)

 
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.