Cika Indonesia
Client Sign In
Pertamina dan BPPT Bangun Pembangkit Listrik Geothermal Mini
Tuesday, 23 Feb 2016 - 11:58:10
CIKANEWS/energi - PT Pertamina (Persero) tbk, melalui anak usahanya PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Unit Kamojang melakukan kesepakatan dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk uji coba pembangunan pembangkit listrik geothermal mini dengan kapasitas 3 Mega Watt (MW).

Dalam kerja sama ini, General Manager PGE Unit Kamojang, Wawan Darmawan mengatakan, pembangkit yang dibangun BPPT masih dalam wilayah kerja Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) Kamojang. Nantinya, BPPT sendiri yang akan mengoperasikan pembangkit tersebut.

Uap yang akan dialokasikan untuk pembangkit yang dibangun BPPT berasal dari sumur panas bumi yang dikelola oleh PGE di Kamojang Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Desain rancang bangun pembangkitnya di desain sendiri oleh BPPT. Sedangkan, pembuatan komponen dilakukan oleh PT Nusantara Turbin & Propulsi (NTP), PT Barata Indonesia, dan PT Pindad.

PGE menyediakan pasokan uap demi mendukung program BPPT dalam penelitian energi listrik dari energi terbarukan. "Ini sebagai satu studi penerapan teknologi dalam pemanfaatan panas bumi untuk pembangkit berskala kecil," ucap Wawan kepada pers di Jakarta, Sabtu, (19/2).

Sementara itu Vice President Operation and Engineering PGE, Eko Agung Bramantyo menambahkan, selain di Kamojang, BPPT juga menjalin kerja sama dengan PGE di Unit Lahendong, Sulawesi Utara. Kerja sama tersebut menggunakan binary system 0,5 MW.

Pembangkit hasil dari kerjasama tersebut menggunakan teknologi siklus biner asal Jerman yang diklaim dapat menghasilkan daya listrik tambahan 500 Kilo Watt. BPPT dijadwalkan melakukan uji coba pembangkit tersebut pada bulan Mei tahun ini.

Saat ini, PGE memiliki lima unit pembangkit di Kamojang dimana dua diantaranya dikelola sendiri. Yakni, unit 4 memiliki kapasitas 60 MW dan Unit 5 berkapasitas 35 megawatt. Sedangkan tiga unit lainya, yaitu unit 1, 2, dan 3 dikelola oleh PT Indonesia Power. Total pembangkit di wilayah kerja panas bumi Kamojang mencapai 235 MW.

(ARL)

 
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.