Cika Indonesia
Client Sign In
Kurangi Impor, Inalum-Antam Kerjasama Bangun Pabrik Smelter
Friday, 15 Apr 2016 - 10:38:43
foto: viva.co.id

CIKANEWS/energi - PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero) (Inalum) dan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTAM) jalin kerjasama pembangunan pabrik Smelter Grade Alumina Rrefinary (SGAR) di Mempawah, Kalimantan Barat. Perusahaan gabungan (joint venture) diberi nama PT Inalum Antam Alumina (IAA).
 
Direktur Utama Inalum, Winardi Sunoto mengatakan, Joint Venture Agreement (JVA) ini merupakan implementasi sinergi lanjutan yang telah dimulai sejak nota kesepahaman (MoU) dan pokok-pokok perjanjian (Heads of Agreement) disepakati pada 2015 lalu.
 
"Poinnya kita mau bentuk anak usaha bersama Antam untuk berpartner dengan Tiongkok. Sekarang joint venture agreement," kata Winardi.
 
Selanjutnya IAA akan bekerja sama dengan Tiongkok melalui perusahaan aluminium Tiongkok, China Alumunium Company untuk membangun pabrik smelter di Mempawah dengan porsi 51 persen untuk IAA.
 
"Nanti ini partner dengan Tiongkok, IAA nanti jadi mayoritas. Tiongkok minoritas. China Alumunium Company. Minimal dalam negerinya 51 persen. Artinya kita mayoritas. Atau 55 persen dan 45 persen," pungkas dia.
 
Melalui pengoperasian SGAR, Antam dan Inalum akan dapat mengolah cadangan bauksit yang ada sehingga Inalum akan memperoleh pasokan bahan baku aluminium dari dalam negeri sehingga mengurangi ketergantungan terhadap impor alumina.

(YAS)

 
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.