Cika Indonesia
Client Sign In
Menteri BUMN: Survei Struktur Tanah Kereta Cepat Ditargetkan Tuntas Mei Ini
Monday, 02 May 2016 - 15:05:15
foto: pojoksatu.id

CIKANEWS/transportasi - Kementerian Badan Usaha Milik Negara menyatakan survei struktur tanah jalur kereta api cepat Bandung-Jakarta ditargetkan tuntas pada bulan depan.
 
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan semua proses survei struktur tanah harus segera diselesaikan.
 
“Nah yang terakhhir memang Halim ini. Kita harapkan bulan ini, pertengahan mei ini semua soil test selesai, dimasukkan ke Kementerian Perhubungan,” katanya, di Kompleks Istana Negara, Kamis (28/4).
 
Pengeboran tanah dilakukan untuk mengetahui kondisi tanah di kawasan Halim. Hasil penelitian itu harus dilampirkan dalam desain detail teknis yang disampaikan ke Kemenhub guna memeroleh izin pembangunan.
 
Menurut rencana, di Kawasan Halim, Jakarta Timur, akan di bangun stasiun keberangkatan dan kedatangan KA Cepat Jakarta- Bandung. Selanjutnya, stasiun akan dibangun di Karawang, Walini (Kabupaten Bandung) dan Tegalluar (Kota Bandung)
 
Rini menjelaskan aktivitas di lokasi tersebut memang upaya melakukan soil test. Dia mengungkapkan saat ini sedang ada pembicaraan dengan TNI Angkatan Udara.
 
Menurutnya, pekerja survei melakukan soil test di Halim, tetapi bukan yang area bandara melainkan di seberang bandara.
 
“Nah itu ada dua area, yang satu memang dipakai oleh AU, yang satu warga. Tapi warga itu sebenarnya area AU. Jadi timnya yang soil test pikir ini tempat warga ga usah dapat izin karena itu bagian dari warga. Itu kesalahannya,” paparnya.
 
Dia menambahkan yang paling utama, semua pembangunan itu harus pelan-pelan ada rancangan teknik terinci. “DED yang sudah komplit itu ada di Walini waktu Bapak Presiden groundbreaking itu [Kamis, 21 Januari], ” katanya.

(MAL)

 
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.