Cika Indonesia
Client Sign In
Bangun PLTMG Timika, PLN Galang Kerja Sama Tiga Pemda
Monday, 18 Jul 2016 - 17:11:23
foto: antarafoto.com

CIKANEWS/energi - PT PLN (Persero) menggalang kerja sama dengan tiga pemerintah daerah di wilayah Timika, Papua guna meningkatkan rasio elektrifikasi kelistrikan. Manajer PLN Area Timika Salmon Kareth mengatakan pertumbuhan rasio elektrifikasi kelistrikan sangat ditentukan oleh dukungan dan peran serta pemerintah daerah.
 
"Semenjak Kantor PLN Rayon Timika berubah status menjadi Area (Cabang) maka kami langsung melakukan pendekatan dan lobi-lobi ke pemerintah daerah Kabupaten Mimika dan Asmat untuk bagaimana kita bisa meningkatkan rasio elektrifikasi kelistrikan di daerah ini," ujar dia, Senin (18/7).
 
Kantor PLN Area Timika wilayahnya mencakup tiga kabupaten yaitu Mimika, Asmat dan Nduga. Adapun di Kabupaten Nduga hingga kini PLN belum dapat memberikan layanan maksimal karena kesulitan jangkauan geografis.
 
"Kami belum bisa menjangkau sampai ke Nduga. Beberapa waktu lalu PLN sudah memasang PLTS di Kenyam, ibu kota Kabupaten Nduga. Tapi saat ini peralatan PLTS di Nduga itu dalam kondisi rusak dan sedang dalam tahap perbaikan di Jakarta," kata Salmon.
 
Salmon mengatakan PLN menargetkan agar proyek PLTMG Timika bisa dikerjakan paling lambat pada 2017. "Target kami paling lambat 2017 PLTMG Timika sudah mulai dibangun. Kalau membangun PLTU memang membutuhkan waktu yang cukup lama lebih dari empat tahun baru selesai. Tapi kalau PLTMG tidak terlalu rumit karena semua peralatan sudah dalam bentuk mobile," jelas Salmon.
 
Pelanggan PLN khusus di Kota Timika dan sekitarnya kini tercatat sebanyak 43 ribu. Sementara di Kenyam, Kabupaten Nduga jumlah pelanggan PLN baru sekitar 1.000 pelanggan.

(MAL)

 
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.