Cika Indonesia
Client Sign In
Bank Mandiri Resmikan Anak Perusahaan Baru
Wednesday, 27 Jan 2016 - 17:15:48
foto: kontan.co.id

CIKANEWS/perbankan - PT Bank Mandiri Tbk secara resmi mengoperasikan anak perusahaan baru yaitu Mandiri Capital Indonesia (MCI) di tengah perhelatan Mandiri Investment Forum (MIF) 2016. Mandiri Capital akan fokus di bisnis modal ventura untuk mendukung pengembangan pengusaha perintis (startup).
 
MCI merupakan perusahaan patungan (modal ventura) yang dimiliki Bank Mandiri (99 persen) dan Mandiri Sekuritas (1 persen). MCI ini akan melakukan penyertaan modal pada perusahaan startup yang memiliki risiko tinggi sehingga kesulitan memperoleh pinjaman perbankan. Pada tahap awal, perseroan memiliki modal sebesar Rp 350 miliar.
 
Direktur Finance and Strategy Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pembentukan perusahaan modal ventura ini merupakan inisiatif Bank Mandiri untuk menangkap momentum pertumbuhan perusahaan startup di Indonesia.
 
Kartika menjelaskan, saat ini pertumbuhan startup Indonesia, khususnya di bidang financial technology, merupakan yang kedua terbesar di ASEAN setelah Singapura. Dan Bank Mandiri mencoba memanfaatkan peluang ini melalui MCI.
 
"MCI ini akan melakukan penyertaan modal pada perusahaan startup yang memiliki risiko tinggi yang selama ini kesulitan memperoleh pinjaman perbankan," ujar Direktur Finance dan Strategy Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (27/1/2016).
 
Saat ini, startup yang fokus pada financial technology mulai banyak bermunculan di Indonesia dengan produk dan layanan yang inovatif, melengkapi produk dan layanan konvensional.
 
"Pertumbuhan startup Indonesia, khususnya dibidang fintech (inofasi jasa finansial) merupakan yang kedua terbesar di ASEAN, setelah Singapura," jelas dia.
 
Ia menambahkan, melalui Mandiri Capital, pihak Bank Mandiri berharap startup di Indonesia dapat tumbuh lebih pesat lagi.

(KML)
Get social & share cika-indonesia.com

Call us (021) 7591 5993

Please call us at office time 08.00 - 17.00 Monday - Friday

Cika-indonesia.com - Copyright © 2024 All rights reserved.